Membuat FTP Server Pada Komputer Anda Dengan Filezilla

Mengirimkan file besar lewat Yahoo Messenger (YM) tentu saja pelan. Solusi yang lebih baik adalah dengan membuat komputer milik anda berperan sebagai FTP Server, dan teman anda dapat membuka FTP anda melalui internet lalu mengcopy file tersebut.
Membuat FTP server itu relatif mudah, caranya:

1. Download dan install-lah FTP Server. Pada tutorial ini saya gunakan Filezilla FTP Server.
2. Jalankanlah FTP Server, klik Start Filezilla Server yang ada di Start Menu.

3. Jalankanlah Filezilla Server Interface.
4. Saat muncul kotak dialog seperti gambar di bawah, Anda boleh mencentang Always connect to this server lalu OK.

5. Klik icon bergambar satu orang, atau menu Edit - Users.

6.Pada bagian General (lihat gambar di bawah bagian kiri), klik tombol Add yang terletak di sisi kanan.

7. Masukkan nama user, lalu OK.

8. Centanglah Passwords, lalu isilah password tersebut. Tujuannya agar orang lain tidak dapat membuka FTP anda sembarangan.

9. Klik Shared folders yang ada di sisi kiri, lalu klik tombol Add yang terletak di tengah. Pilihlah folder yang ingin anda bagi melalui FTP anda (misalkan folder foto atau MP3 anda).

10. Setelah memilih folder, klik OK. Sebelumnya perhatikanlah gambar di bawah yang diberi kotak merah. Tulisan "Read" yang tercentang berarti user dapat mengcopy file dari FTP anda. Jika Anda ingin orang yang membuka FTP anda dapat mengcopykan file menuju FTP anda maka centanglah "Write".

11. FTP anda telah siap digunakan. Anda tinggal perlu mengetahui alamat IP komputer anda yang dapat diperiksa melalui WhatIsMyIP.com. Misalkan IP anda adalah 192.168.0.1, maka alamat FTP anda adalah ftp://192.168.0.1/.

12. Bukalah FTP anda dengan sebuah program FTP Client misalnya Filezilla FTP Client atau Windows Explorer. Masukkan alamat FTP anda serta username dan password anda. Jika terbuka sukses maka selamat, anda telah berhasil membuat FTP Server pada komputer anda!

Ada hal yang perlu dipertimbangkan yaitu program Firewall anda sebaiknya diatur agar tidak memblok koneksi FTP anda. Karena itu untuk mencobanya, mintalah bantuan teman anda juga untuk membuka FTP anda.
Artikel terkait:
Artikel How to set up a home FTP server dari Lifehacker.com membahas cara pembuatan FTP server dengan lebih detail menggunakan program Serv-U. Jika anda masih menemui kesulitan seputar FTP server, bacalah artikel tersebut.
http://adisutanto.blogspot.com


2 komentar:

Abu Umair mengatakan...

saya coba ko belum berhasil,
kalo dengan filezilla harus ada DNS Servernya ga?
-indra kamvak IV-

sugarpool mengatakan...

Try this TerraFtp, fast fast n fast can up 100% for upload or download and manage ur site download here
http://rapidshare.com/files/394500998/TerraFtp.rar
http://www.megaupload.com/?d=UY9A3C1B
http://www.4shared.com/file/vqJJ45Lz/TerraFtp.html